AKI GS ASTRA

1353986695623202416
Bicara tentang aki bukanlah hal aneh ditelingaku. Meskipun aku perempuan namun secara lisan aku mengetahui beberapa sparepart kendaraan. Hal ini berhubungan dengan pekerjaan ku sebagai salah satu penyusun budget tahunan di sebuah perkebunan kelapa sawit. Dari banyak divisi maka ada satu divisi yang cukup ribet menyusun budgetnya yaitu Divisi Traksi (Transportasi, Bengkel dan Sipil). Khususnya bagian bengkel maka aku harus hapal persis apa yang dibutuhkan setiap kendaraan bukan hanya sekedar nama sparepart, bahkan harus paham juga rotasi penggantian setiap sparepart.
Aki adalah salah satu sparepart yang selalu tercantun dibagian budget, diperkebunan bukan hanya mobil yang menggunakan aki, masih banyak mesin-mesin yang menunjang kegiatan operasional menggunakan aki seperti sepeda motor, traktor, mesin penyiraman bibit dan mesin penerangan/genset dan bahkan beberapa jenis mesin membutuhkan 2 aki dalam pemakaiannya. Aku sendiri sudah bekerja dibeberapa perkebunan dan untuk Aki selalu distandarisasi penggantiannya setiap 1 tahun sekali, namun bila dalam pelaksanaannya bisa dilakukan penghematan maka Divisi Traksi akan diberi reward.
Divisi Traksi mempunyai SOP untuk setiap kendaraan, dari SOP pula aku tahu ada beberapa jenis aki yang biasa ditulis dengan ejaan ACCU, mau tau kan ? hitung-hitung saya membaca SOP yang sudah lama duduk manis di rak buku :
1. Aki Basah : adalah jenis aki yang termurah harganya. Jenis ini mungkin adalah yang paling banyak digunakan karena air aki bisa kita isi ulang bahkan kepala mekanik kami sering menambahkan larutan EDTA untuk memperpanjang umur aki tersebut, kerepotannya akan muncul bila kita tidak teliti memeriksa level air aki dan fatal akibatnya karena bisa merusak sel aki itu sendiri.
2. Aki Hybrid : Hampir sama dengan Aki Basah namun jauh lebih baik dari Aki Basah, terdapat perbedaan pada bagian lempengan gridnya
13539868272111469373
http://aki.gs-astra.com
3. Aki Calcium : Aki ini mempunyai calcium pada lempengan grid + dan -, performanya jauh lebih baik dari kedua aki diatas, tentu saja harganya juga diatas kedua jenis aki tadi, maka di kebun kami aki ini tidak kami rekomendasikan sehubungan dengan efisiensi costs.
4. Aki Maintenance Free (MF) : ini adalah jenis aki yang banyak dikembangkan pada pertengahan tahun 2011 sebuah terobosan baru pada aki dengan desain khusus yang bisa menekan penguapan air aki tentu saja hal ini membuat kita tak repot lagi untuk mengisi ulang air aki, dimana pekerjaan pengecekan aki ini sering disepelekan yang berakibat fatal. Nah dengan adanya tipe aki MF ini maka resiko aki soak dikarennakan keteledoran mengecek air aki bisa diminimalisir.
Dari tahun 2003 sampai tahun 2010  anggaran untuk aki selalu aku cantumkan GS Astra Hybrid, terkadang mendapat kendala juga dari manajemen karena harga namun bila dilihat realisasi tahunan maka secara akumulasi biaya yang dikeluarkan jauh lebih rendah, hal ini disebabkan aki GS Astra bisa kami manfaatkan s/d 1,5 tahun bahkan beberapa kendaraan bisa mencapai 2 tahun. Tentu saja sudah terjadi penghematan terhadap budget yang kami ajukan. Namun di akhir tahun 2011 ditengah penggodokan budget tahun 2012 supplier kami memeberi penawaran terhadap jenis Aki MF yang mana secara harga tentu saja lebih mahal dari Hybrid, namun dari paparannya Aki MF memiliki fitur teknologi terkini yaitu Water Trap Filter Design, teknologi membuat Aki GS Astra tidak memerlukan penambahan dan pengecekan air aki lagi tentu saja ini akan menghemat waktu dan biaya. Selama ini berapa kerusakan yang harus kami perbaiki dibengkel kami sendiri yang diakibatkan supir/operator lalai dalam mengecek atau mengisi air aki (Sumber). Dan masih ada keunggulan lain dari Aki MF GS Astra ini yaitu adanya teknologi Advanced Lead Calcium dimana hal ini akan lebih memudahkan dalam menghidupkan mesin kendaraan anda dan satu lagi jenis MF ini lebih bebas dari karat sehingga aki dan mobil pasti lebih bersih.
sumber poto http://aki.gs-astra.com
Dan bersyukur manajemen sepahaman dengan kami team budget akhirnya mulai dari tahun 2012  kami sudah memakai Aki MF GS Astra disetiap kendaraan kami dan sudah tidak diragukan lagi bahwa sebagian besar produk-produk otoparts Astra sudah digunakan berbagai merk kendaraan maka dikebun kami mobil operasional seperti triton strada, ford, mazda double cabin/single cabin menggunakan aki jenis ini selain mobil truk mitsubishi, traktor holland bahkan genset cummin juga menggunakan aki jenis ini, sejauh ini sudah mendekati akhir tahun belum ada keluhan dari divisi traksi mengenai aki ini. Selain kecanggihannya distribusi aki ini juga sudah sampe kekecamatan, sehingga terkadang bila ada diperlukan penggantian aki yang mendesak maka kami tak perlu jauh kekota untuk mendapatkannya. Dan bagusnya GS Aki Astra mempunyai website yang cukup lengkap sehingga bila ingin mengecek harga cukup kunjungi situsnya dan pilih Aki mana yang anda inginkan (Harga Aki GS Astra).
1353986632807655980
Sumber Google
Bicara aki terkadang seperti sepele, padahal aki memiliki fungsi yang sangat vital hampir semua kendaraan roda dua/empat/>empat membutuhkan barang kecil ini sebagai penyimpan listrik.
Secara garis besar aki pada mobil atau motor memiliki tiga fungsi :
Pertama, di saat mesin mati, aki berfungsi menjadi sumber energi listrik untuk penerangan dan komponen-komponen aksesoris lainnya pada mobil atau motor.
Kedua, di saat starter aki berfungsi untuk menjalankan atau memberikan energi listrik ke sistem starter atau menjalankan dinamo starter.
Ketiga, saat mesin hidup, aki berfungsi sebagai penyetabil tegangan pada kendaraan

Sumber : http://aki.gs-astra.com/index.php/berita-detail/45/
Secara ringkas mungkin pada aki konvensional/hybrid kita bisa melakukan beberapa tindakan perawatan untuk memelihara aki dianataranya adalah : periksalah air aki secara berkala pastikan levelnya diantara batas upper dan lower level, gunakan aki sesuai dengan daya kebutuhan arus listrik kendaraan anda, periksa kutup kren dan penjepit aki agar tidak mudah terkena goncangan, tambahkan aki bila sdh berkurang dengan air aki biasa, biasakan penambahan air aki dilakukan dipagi hari disaat kendaraan belum digunakan, bersihkan aki dari karat, dan bila memang sudah saatnya diganti lakukan penggantian daripada merusak bagian lain yang lebih penting (eg.dynamo starter).
Nah kalau sudah menggunakan Aki MF GS Astra maka beberapa langkah diatas bisa tidak dilakukan, jadi tunggu apa lagi ? masih berpikir untuk mengganti Aki anda dengan MF GS Astra ? bergabunglah sekarang, dan GS Astra sudah dari tahun 2008 sampai oktober 2012 mendapatkan award dari majalah autobild sebagai Favourite Car Battery, so merk lain tersisihkan dari ajang pooling yang dilakukan oleh majalah autobild.
13539864171236075466
Award ke-5 GS Astra
lebih lanjut ubek-ubek disini kawan http://www.aki.gs-astra.com/

0 komentar: